JudulLAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI SISWA SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: FILKA ADELAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Filka Adelah, 2021. Layanan Bimbingan Karir Berbasis Life Skill Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Siswa SMA Negeri 8 Palu, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan bimbingan karir berbasis life skill untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi siswa SMA Negeri 8 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain non- equivalent control group design terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: 1) uji normalitas; 2) uji homogenitas; dan 3) uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri dalam memeilih jurusan siswa lebih tinggi setelah diberikan layanan bimbingan karir berbasis life skill. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis yang menggunakan perhitungan independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes akhir kepercayaan diri siswa yang mendapat bimbingan karir berbasis life skill dengan siswa yang mendapat bimbingan secara umum. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 4, dimana rata-rata skor pre- test kelompok eksperimen 53,3 dan kelompok kontrol 49,3. Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor rata-rata post- test kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan karir berbasis life skill lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok kontrol yang mendapat bimbingan secara umum, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 14, dimana rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 76,5 dan kelompok kontrol 62,5. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa bimbingan karir berbasis life skill efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi. Kata Kunci: Kepercayaan Diri dalam Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi, Bimbingan Karir Berbasis Life Skill |