JudulEFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR DI RUMAH (SMA NEGERI 7 PALU) |
Nama: MIFTAHUL JANNAH.B |
Tahun: 2021 |
Abstrak Miftahul Jannah.B, 2021. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Kejenuhan Belajar di Rumah (SMA Negeri 7 Palu)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kejenuhan belajar di rumah selama masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 6 orang pada kelas eksperimen dan 6 orang pada kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kejenuhan belajar siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Mann Whitney pada taraf signifikan (0.05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik self management, antara lain: 4 siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar yang tinggi dan 2 siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar yang sedang. Tingkat kejenuhan belajar sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik self management menurun dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik self management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self management efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar di Rumah siswa SMA Negeri 7 Palu. Kata kunci: Kejenuhan belajar di rumah, teknik self management, bimbingan dan konseling ? |