JudulPENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: LUTFIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Lutfia. 2021. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Dalam Mengurangi Ketergantungan Penggunaan Media sosial Pada Siswa di SMA Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi Tujuan penelitian adalah untuk mengurangi ketergantungan penggunaan media sosial pada siswa di SMA Negeri 8 Palu. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket ketergantungan penggunaan media sosial pada siswa, dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan kelas XI yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian selanjutnya di analisis dengan analisis deskriftif dan analisis infrensial dengan mengunakan rumus mann whitney test pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Adapun hasil penelitian uji mann whitney test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self instruction dalam mengurangi ketergantungan penggunaan media sosial pada siswa di SMA Negeri 8 Palu. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self Instruction, Penggunaan Media Sosial. |