JudulPengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa |
Nama: ELMA PERMADI PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Elma Permadi Putri, 2022. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa ”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi demi terciptanya hubungan interpersonal yang baik. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa, dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan kelas VIII yang berjumlah 16 orang terdiri dari 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Mann Whitney pada taraf signifikan (0.05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik home room, menunjukkan bahwa terdapat 3 siswa yaitu 40,3%, 42,3%, 40,3% siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah dan terdapat 4 siswa yaitu 30,7%, 38,4%, 30,7%, 32,6%, 38,4% siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal sangat rendah. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room terjadi peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal antara lain: terdapat 4 siswa 63,4%, 63,4%, 65,3%, 61,5% siswa yang memiliki peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal yang sedang dan 4 siswa 48,0%, 42,3%, 51,3%, 46,1% siswa yang memiliki peningkatan komunikasi interpersonal yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik home room berpengaruh dalam peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 4 Palu. Kata Kunci : bimbingan kelompok, teknik home room, komunikasi interpersonal |