Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 PARIGI
Nama: WISRA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Wisra, 2021. “Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Parigi Di Masa Pandemi ”. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam membangun motivasi belajar siswa di masa pandemi dan mendeskripsikan dampak dari strategi yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam membangun motivasi belajara siswa di SMA Negeri 1 Parigi di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis untuk mendeskripsikan strategi guru bimbingan dan konseling dalam membangun motivasi belajar siswa di masa pandemi. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari tiga orang siswa, dua orang guru bimbingan dan konseling dan kepala sekolah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, strategi guru bimbingan dan konseling dalam membangun motivasi belajar siswa di masa pandemi sudah baik. Guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Parigi melakukan home visit kepada siswa yang kurang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran secara online, selain itu Guru bimbingan dan konseling melakukan pendekatan dengan orang tua untuk bekerjasama dalam membangun motivasi belajar siswa di masa pandemi serta memberikan layanan informasi mengenai motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan strategi home visit, dengan melibatkan partisipasi orang tua dan pemberikan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling terbukti meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up