JudulPengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Efisien Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 8 Palu |
Nama: RIF’ATUL KHAIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rif’atul Khaira, 2024 Pengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Efisien Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni. Permasalahan utama penelitian ini adalah disiplin belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi cara belajar lebih rendah yang di tujukan dengan disiplin dalam masuk sekolah, disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, dan disiplin dalam menaati tata tertib di sekolah. Tujuan utama dalam penelitian ini menjelaskan pengaruh layanan informasi cara belajar efisien untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 16 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket disiplin belajar. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan Paired sampel t-Test dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi cara belajar efisien terdapat 12 atau 75% siswa memiliki disiplin belajar yang tinggi, 4 atau 25% siswa memiliki disiplin belajar sedang, dan tidak ada siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah. Sedangkan setelah diberikan layanan informasi cara belajar efisien terdapat 13 atau 81,25% siswa memiliki disiplin belajar tinggi, 3 atau 18,75% siswa memiliki disiplin belajar sedang, tidak ada siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah. |