JudulBimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Di SMA Negeri 4 Palu |
Nama: TRI DEWI SARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Tri Dewi Sari. 2021. Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa Permasalahan dalam penelitian ini membahas mengenai konsep diri siswa yang rendah sehingga mengakibatkan siswa menjadi kurang percaya diri, sering membandingkan dirinya dengan orang lain dan belum mampu dalam mengidentifikasi diri sendiri sehingga cenderung hanya ikut-ikutan dengan teman sebaya, oleh karena itu layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsep diri siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMA Negeri 4 Palu dan mendeskripsikan konsep diri siswa di SMA Negeri 4 Palu sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket konsep diri dan dokumentasi. Adapun hasil uji validitas dan reliabilitas instrument, dari jumlah item sebanyak 20 item setelah dilakukan uji validitas menggunakan program aplikasi SPSS 24 maka 20 item pernyataan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai croncbach alpha (?) = 0,722 > 0,6 maka dinyatakan reliabel. Sampel penelitian menggunakan kelas XI yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian selanjutnya di analisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji Mann Whitney test pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Adapun hasil penelitian uji Mann Whitney test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05, artinya penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMA Negeri 4 Palu. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Modeling Simbolik, Konsep Diri |