JudulEFEKTIVITAS TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS BELAJAR SISWA DI RUMAH |
Nama: NURYANINGSIH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nuryaningsih, 2022. “Efektivitas Teknik Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Intensitas Belajar Siswa di Rumah”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah intensitas belajar siswa di rumah selama proses pembelajaran secara daring (online). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan intensitas belajar siswa di rumah. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa SMA Negeri 4 Palu siswa terdiri dari 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji Mann Whitney U dengan taraf signifikansi (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa di rumah sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self regulated learning terdapat 1 siswa atau 16,7% yang memiliki klasifikasi rendah dan 5 siswa atau 83,3% yang memiliki klasifikasi sedang dalam intensitas belajar di rumah. Sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self regulated learning terdapat 2 siswa atau 33,3% yang memiliki klasifikasi sedang dan 4 siswa atau 66,7% yang memperoleh klasifikasi tinggi dalam peningkatan intensitas belajar di rumah. Sedangkan hasil uji Mann Whitney U memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa di rumah lebih tinggi setelah di berikan layanan konseling kelompok dengan teknik self regulated learning dibandingkan sebelum diberikan layanan, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa teknik self regulated learning efektif dalam meningkatkan intensitas belajar siswa di rumah. Kata Kunci : Intensitas Belajar, Konseling Kelompok, Self Regulated Learning |