JudulPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH MELALUI LAYANAN TEKNIK MODELING PADA SISWA SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: MOH. FIKRAM SAFII |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar membaca di rumah sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik modeling. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan aktivitas belajar di rumah sebelum dan sesudah diberikan layanan teknik modeling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat membaca. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa aktivitas belajar di rumah sebelum diberikan layanan teknik modeling yaitu 35,16% siswa yang memiliki aktivitas belajar di rumah kurang. Sedangkan sesudah diberikan layanan teknik modeling maka terjadi peningkatan 37,08% siswa. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa aktivitas belajar di rumah sesudah diberikan layanan teknik modeling lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan layanan teknik modeling. Aktivitas belajar siswa di rumah sesudah diberikan layanan teknik modeling lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan layanan teknik modeling. |