JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SIKAP KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK BAGI PESERTA DIDIK SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: FADLILAH ADELIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fadlilah Adelia, 2021. “Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Sikap Kebiasaan Belajar Yang Baik Bagi Peserta Didik Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan sikap kebiasaan belajar yang baik pada siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan sikap kebiasaan belajar yang baik pada siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket kebiasan belajar, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% ( =0,05). ). Hasil analisis deskriptif sesudah mengikuti layanan bimbingan belajar bahwa 10% siswa memiliki sikap kebiasaan belajar yang baik klafikasi sangat tinggi, 75% siswa memiliki sikap kebiasaan belajar yang baik klafikasi tinggi. Hasil analisis inferensial uji Wilcoxon Sign Rank Test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan sikap kebiasaan belajar yang baik bagi peserta didik siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Sikap Kebiasan Belajar Yang Baik, Layanan Bimbingan Belajar ABSTRACT Fadlilah Adelia. 2021. The Impact of Tutoring Services on Good Study Habits of XI-IPS2 Grade Students in SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Guidance and Counselling Study Program. Education Science Department. Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University. Under the supervision of Ridwan Syahran. The main research problem is to increase students' attitudes toward excellent study habits. The research objective is to explain the impact of tutoring on enhancing students' study habits. This research used a quantitative design and questionnaires on study habits and documentation to collect the data. The research sample was 20 students. The collected data were analyzed descriptively and inferentially. Hypothesis testing was carried out through statistical analysis using the Wilcoxon Sign Rank Test formula at a 95% confidence level (=0.05). The descriptive analysis results after attending tutoring services indicated that 10% of students have good study habits at a very high classification, and 75% of students have good study habits at a high classification. The results of the inferential analysis of the Wilcoxon Sign Rank Test obtained a significance value of 0.000 > 0.05. The results showed that H0 was rejected, and Ha was accepted. Therefore it can be concluded that tutoring services impact on good study habits of XI-IPS2 grade students at SMA Negeri 2 Palu. Keywords: good learning habits, tutoring services |