JudulTEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR EFEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 4 SIGI |
Nama: KHAIRUNNISA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Khairunnisa 2022.“(Teknik Modeling Simbolis Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Belajar Efektif Siswa Di SMP Negeri 4 Sigi)”.Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran Permasalahan dalam penelitian ini membahas mengenai perilaku belajar efektif siswa di kelas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku belajar efektif siswa SMP Negeri 4 Sigi dan mendeskripsikan perilaku belajar efektif siswa SMP Negeri 4 Sigi sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis, rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode (quasi experimental research), alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi, sampel penelitian ini berjumlah 8 orang siswa, teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus (wilcoxon signed rank tes), dari perhitungan sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis diperoleh dari 8 orang siswa yang menjadi subjek penelitian seluruhnya memiliki perilaku belajar efektif yang rendah, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis 3 siswa berinisial F.J, SNH, dan NS. Mengalami peningkatan menjadi tinggi sedangkan 5 siswa berinisial MA, CA, AL, ST, dan DZA, mengalami peningkatan persentase perilaku belajar efektif tetapi tidak mengalami perubahan klasifikasi atau tetap berada pada kategori rendah. hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis dalam meningkatkan perilaku belajar efektif siswa SMP Negeri 4 Sigi. Kata Kunci : Bimbingan kelompok, modeling simbolis, perilaku Belajar efektif. |