JudulEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA |
Nama: NADYA RAHMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nadya Rahma, 2021. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Tehnik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Munifah, S.Psi., M,Psi Psikolog Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah disiplin belajar siswa sesudah mengikuti modeling simbolik lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti modeling simbolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keefektivan pelaksanaan modeling simbolik untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. siswa dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disiplin belajar siswa. data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti modeling simbolik dari 8 siswa yang diteliti, terdapat 5 siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah dan 2 siswa yang memiliki disiplin belajar sedang sedangkan 1 siswa yang memiliki disiplin belajar yang sangat rendah. Sesudah mengikuti modeling simbolik mengalami peningkatan yaitu 5 siswa yang memiliki disiplin belajar sedang, 2 siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi dan 1 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa disiplin belajar siswa yang diteliti sesudah mengikuti modeling simbolik lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti modeling simbolik. Kata Kunci : Modeling Simbolik, Disiplin Belajar Siswa |