JudulBIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SELAMA PEMBELEJARAN DARING |
Nama: ERNIATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Erniati, 2021. Bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa selama pembelajaran daring. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa selama pembelajaran daring pada siswa SMP Negeri 15 Palu melalui bimbingan kelompok teknik modeling simbolik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari delapan siswa skor angket resiliensi akademik terendah selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata tingkat resiliensi akademik siswa selama pembelajaran daring yaitu pra tindakan sebesar 48,86% meningkat setelah dilaksanakan siklus I menjadi 65,90?n siklus II meningkat menjadi 79,54%. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa selama pembelajaran daring pada siswa SMP Negeri 15 Palu. Kata kunci : Resiliensi Akademik, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolik. |