Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulLayanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Membantu Perencanaan Karier Siswa
Nama: FITRIANI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Fitri, 2024. Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Mangement Untuk Membantu Perencanaan Karir siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,Pembimbing Munifah. Maraknya siswa yang tidak memahami dan mengerti tentang perencanan karir yang dimiliki sehingga banyak siswa yang belum mampu memilih perencanaan karir yang baik untuk masa depannya, seperti siswa yang memilih jurusan yang tidak sesuai dengan karir dan kemampuan yang dimiliki sehingga tanpa disadari hal tersebut berpengaruh pada perencanaan karirnya. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa dengan mengunakan layanan konseling behavioral teknik self management, Jenis penelitian ini adalah ekxperiment-semu (quasi experiment) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas XII TKJ A. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sing rank test. Sebelum diberikan layanan perencanaan karir siswa dari 10 siswa ada 7 siswa yang memiliki klasifkasi rendah yaitu NA 50%, KL 55,56%, DF 56,7%, FR 50%, DE 46,7%, SM 48,3%,dan RH 48,3%, 3 siswa memiliki klasifikasi sedang yaitu MH 66,66%, MD 65%, dan ST 71%. Sesudah diberikan layanan perencanaan karir dari 10 siswa mengalami peningkatan antara lain dari klasifikasi rendah menjadi sedang 7 siswa yaitu NA 75%, KL 66,66%, DF 56,7%, FR 66,66?61,66%, SM 60%, dan RH 60%. 2 siswa yang hanya mengalami peningkatan pada jumlah prensentase namun tetap pada klasifikasi sedang yaitu MH 70?n MD 71,66?n ada 1 siswa yaitu ST 83,33% yang mengalami peningkatan dari sedang ketinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan konseling behavioral teknik self manegament untuk membantu perencanaan karir siswa maka dari itu layanan konseling behavioral teknik self management membantu perencanaan karir siswa diterima. Hal ini dapat membuktikan bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi tidak ada perbedaan perencanaan karir siswa kelas XII TKJ A SMK Muhammadiah 1 Palu menunjukan bahwa ada pengaruh positif pada layanan perencanaan karir melalui layanan konseling behavioral teknik self management ternyata ditolak (diterima). Kata Kunci :Konseling Behavioral, Perencanaan Karir, Self Management

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up