Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulE-KONSELING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK DI MASA COVID-19
Nama: HAERFINA RAHAYU
Tahun: 2023
Abstrak
Haerfina Rahayu, 2022. E-Konseling untuk Mereduksi Kecemasan Akademik di Masa Covid-19. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mendeskripsikan kecemasan akademik siswa di SMP Negeri 14 Palu sebelum dan sesudah melakukan e- konseling, 2) mengetahui pengaruh e-konseling dalam mengurangi kecemasan akademik siswa di SMP Negeri 14 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 5 siswa yang memiliki kecemasan akademik yang tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan akademik. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test dalam SPSS 22 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan e-konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior diperoleh 5 siswa memiliki klasifikasi kecemasan akademik yang tinggi. Dinamika subjek setelah mengikuti layanan e-konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior yaitu dari 5 siswa diperoleh 4 siswa yang mengalami penurunan skor kecemasan akademik dengan klasifikasi kecemasan akademik sedang dan 1 siswa mengalami klasifikasi kecemasan akademik tinggi sama dengan sebelumnya namun menunjukkan penurunan skor kecemasan akademik. Hasil penelitian ini terdapat penurunan kecemasan akademik siswa setelah diberikan e-konseling dengan diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,042 dan nilai tersebut ? 0,05 yang artinya H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-konseling berpengaruh dalam mengurangi kecemasan akademik siswa di SMP Negeri 14 palu. Kata Kunci : Kecemasan Akademik, E-Konseling, dan Cognitive Behavior

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up