JudulPengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Positive Self Regard Terhadap Percaya Diri Siswa Menghadapi Tindakan Body Shaming Di SMA Negeri 8 Palu |
Nama: NURSYARAVAH WAVIQ MAULIDYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Mendeskripsikan bagaimana percaya diri siswa menghadapi tindakan body shaming sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik positive Self regard, Menjelaskan pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik positive Self regard untuk meningkatkan percaya diri siswa menghadapi tindakan body shaming. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memilki rasa percaya diri yang rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dananalisis inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sing rank test. Perhitungan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik positive Self regard diperoleh dari 8 siswa. 8 siswa memiliki klasifikasi percaya diri siswa rendah, Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik positive Self regard dari 8 siswa ada 6 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi percaya diri menghadapi Tindakan body shaming dari rendah menjadi tinggi dan ada 2 siswa yang hanya mengalami peningkatan pada jumlah presentase namun tetap berada pada klasifikasi percaya diri menghadapi tindakan body shaming yang rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik positive Self regard terhadap percaya diri siswa dalam menghadapi tindakan body shaming di SMA Negeri 8 Palu. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, positive Self regard, percaya diri tindakan body shaming |