JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: HIJRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Mendeskripsikan bagaimana partisipasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning, Menjelaskan pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memilki partisipasi belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sing rank test. Perhitungan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning diperoleh dari 8 siswa ada 7 siswa yang memiliki klasifikasi partisipasi belajar siswa rendah, dan 1 siswa memiliki klasifikasi partisipasi belajar siswa yang sangat rendah. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning dari 8 siswa ada 2 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari rendah menjadi sangat tinggi, 3 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari rendah menjadi tinggi, ada 2 siswa yang hanya mengalami peningkatan pada jumlah presentase namun tetap berada pada klasifikasi partisipasi belajar yang rendah, dan ada 1 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari sangat rendah menjadi rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa SMA Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self regulated Learning, Partisipasi belajar siswa |