Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 PALU
Nama: DESTI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Desti 2022.“Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa (SMA Negeri 5 Palu )”.Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Permasalahan dalam penelitian ini membahas mengenai kejenuhan belajar siswa dikelas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa SMA Negeri 5 Palu dan mendeskripsikan kejenuhan belajar siswa SMA Negeri 5 Palu sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving, rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode (quasi experimental research), alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi, sampel penelitian ini berjumlah 10 orang siswa, teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus (wilcoxon signed rank tes), dari perhitungan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving diperoleh 10 orang siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar sangat tinggi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dari 10 orang siswa ada 2 orang siswa memiliki klasifikasi kejenuhan belajar rendah dan 8 orang siswa lainnya memiliki klasifikasi kejenuhan belajar tinggi, hasil penelitian ini menujukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci :Bimbingan kelompok, problem solving, Kejenuhan Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up