Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN VERBAL BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 19 PALU
Nama: AGUNG RAHMADI
Tahun: 2025
Abstrak
Agung Rahmadi 2024. ”Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Verbal Bullying Siswa Di SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying verbal di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek penelitian terdiri dari delapan siswa kelas VIII yang memiliki tingkat pemahaman bullying verbal rendah. Data dikumpulkan melalui angket pretest dan posttest yang mengukur pemahaman siswa tentang bullying verbal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman verbal bullying siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Sebelum layanan diberikan, mayoritas siswa memiliki tingkat pemahaman rendah hingga sangat rendah. Setelah layanan, sebagian besar siswa mengalami peningkatan ke kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Analisis statistik dengan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,012 (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying verbal.Penelitian ini merekomendasikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing sebagai pendekatan alternatif bagi guru bimbingan konseling untuk menangani masalah bullying verbal di lingkungan sekolah. Kata kunci: bimbingan kelompok, role playing, verbal bullying, pemahaman siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up