JudulLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK EKSPOSITORY DALAM MENGEFEKTIFKAN GAYA BELAJAR AUDITORY SISWA SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NOFRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik ekspository memiliki pengaruh dalam mengefektifkan gaya belajar Auditory siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar Auditory siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistika menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% ?=0,05. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa gaya belajar Auditory siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik ekspository terdapat 7 siswa yang memiliki gaya belajar Auditory yang rendah dan 1 siswa yang memiliki gaya belajar Auditory sangat rendah. Setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik ekspository didapatkan bahwa tidak ada siswa yang memiliki gaya belajar Auditory yang sangat rendah, ada 7 siswa yang memiliki gaya belajar Auditory dengan klasifikasi tinggi dan 1 siswa yang memiliki gaya belajar Auditory dengan klasifikasi sangat tinggi. Hasil analisis inferensial uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai thitung<nilai ttabel atau (-36<6) hasil penelitian ini menunjukan bahwa (H0) ditolak (tidak diterima). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik ekspository dalam mengefektifkan gaya belajar Auditory siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci: Ekspository,Gaya Belajar Auditory,Layanan Bimbingan Kelompok |