JudulIDENTIFIKASI SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2019 DAN ANGKATAN 2020 SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: SARI FATMALA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah self regulated learning mahasiswa selama pembelajaran online masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi self regulated learning aspek metakognitif, motivasi dan perilaku. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 139 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket self regulated learning aspek metakognitif, angket self regulated learning aspek motivasi dan angket self regulated learning aspek perilaku. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi self regulated learning aspek metakognitif mahasiswa terdiri dari 1% mahasiswa dalam klasifikasi sangat tinggi, 55% mahasiswa dalam klasifikasi tinggi, 38% mahasiswa dalam klasifikasi rendah, dan 6% mahasiswa dalam klasifikasi sangat rendah. Klasifikasi self regulated learning aspek motivasi mahasiswa terdiri dari 1% mahasiswa dalam klasifikasi sangat tinggi, 59% mahasiswa dalam klasifikasi tinggi, 37% mahasiswa dalam klasifikasi rendah, dan 3% mahasiswa dalam klasifikasi sangat rendah. Klasifikasi self regulated learning aspek perilaku mahasiswa terdiri dari 6% mahasiswa dalam klasifikasi sangat tinggi, 50% mahasiswa dalam klasifikasi tinggi, 34% mahasiswa dalam klasifikasi rendah, dan 11% mahasiswa dalam klasifikasi sangat rendah. |