Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OFFLINE DI SMA NEGERI 1 PALU
Nama: DITHA ANGRENI
Tahun: 2022
Abstrak
Ditha Angreni, 2022. “Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Offline Di SMA Negeri 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Muh. Mansyur Thalib. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan pengaruh konseling kelompok teknik self management dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa dalam pembelajaran offline di SMA Negeri 1 Palu. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disiplin belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok teknik self management dari 6 siswa yang menjadi subjek penelitian yaitu TA 57,8%, WR 53,3%, RAP 51,1%, RAR 46,7%, ID 44,4?n KCH 44,4% siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar dalam pembelajaran offline rendah. Sedangkan setelah diberikan konseling kelompok teknik self management maka terjadi peningkatan perilaku disiplin belajar dalam pembelajaran offline yaitu TA 82,2?n RAP 80%, memiliki perilaku disiplin belajar dalam pembelajaran offline sangat tinggi, dan WR 75,6%, RAR 73,3%, ID 73,3?n KCH 71,1% memiliki perilaku disiplin belajar dalam pembelajaran offline tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik self management berpengaruh dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar dalam pembelajaran offline siswa di SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku Disiplin Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up