JudulHubungan Bullying Verbal Dan Percaya Diri Siswa Kelas IX SMPN 15 Palu |
Nama: MIFTAHUL FARID |
Tahun: 2025 |
Abstrak Farid, Miftahul 2025. Hubungan Bullying Verbal Dan Percaya Diri Siswa Kelas IX SMPN 15 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Bau Ratu, S.Pd., M.Pd. Bullying verbal sering terjadi di lingkungan sekolah SMP Negeri 15 Palu, seperti body shaming, beberapa siswa masih sering menghina dan saling mencelah. Selain itu ada juga beberapa menggunakan nama orang tua untuk saling mengejek. Beliau juga mengatakan bahwa kasus tersebut marak terjadi di kelas IX. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, siswa yang mendapatkan ejekan sebagian rasa percaya dirinya berkurang dan ada pula sebagian tetap merasa percaya diri walaupun sering mendapat ejekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku dari korban bullying verbal dan percaya diri siswa serta bagaimana hubungan bullying verbal dan sikap percaya diri siswa kelas IX SMP Negeri 15 Palu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket bullying verbal dan angket percaya diri. Berdasarkan hasil observasi peneliti menemukan bahwa gambaran dari korban bullying verbal hanya bisa diam dan pergi ketika diejek, karena mereka tidak mempunyai teman untuk membela atau melindungi mereka. Pada tingkat percaya diri siswa, peneliti menemukan bahwa siswa yang percaya dirinya sangat rendah adalah siswa yang susah untuk bergaul dengan teman sebayanya saat di sekolah sedangkan siswa yang percaya dirinya tinggi terkadang tidak memperdulikan ejekan atau makian yang dilontarkan kepadanya. Berdasarkan perhitungan Product Moment diperoleh rhitung sebesar 0,422. Selanjutnya apakah hipotesis nol (H0) diterima atau ditolak, maka hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan pada rtabel Product Moment N=99 pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05%). Pada rtabel diperoleh 0,196 dengan demikian rhitung ? rtabel atau 0,422 ? 0,196. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara bullying verbal dan percaya diri siswa kelas IX SMPN 15 Palu. Kata Kunci : Bullying Verbal, Percaya Diri, Purposive Sampling |