JudulPROBLEMATIKA KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PALU BARAT |
Nama: MOH LUTHFI HIDAYAT |
Tahun: 2025 |
Abstrak Moh Luthfi Hidayat, 2024. “Problematika Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling di SD Negeri Se-Kecamatan Palu Barat”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Bau Ratu S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika kedisiplinan peserta didik di sekolah dasar negeri se-kecamatan palu barat serta faktor-faktor yang memengaruhi munculnya masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, melibatkan 85 peserta didik kelas 4 dan 5 dari 17 sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik mengalami masalah dalam kedisiplinan, terutama dalam aspek waktu, belajar, dan bersikap. Sekitar 61,18% peserta didik memiliki kedisiplinan waktu yang rendah, 52,94?rada dalam kategori rendah untuk kedisiplinan belajar, dan 69,41% menunjukkan kedisiplinan bersikap yang rendah. Faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan peserta didik meliputi motivasi belajar yang rendah, dukungan keluarga, kualitas pembelajaran di sekolah, serta pengaruh lingkungan sosial. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan yang medukung kedisiplian peserta didik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di masa mendatang. Kata kunci: Kedisiplinan, Peserta didik, Bimbingan dan Konseling, Sekolah dasar. |