JudulPERILAKU AGRESIF VERBAL DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR |
Nama: AYU RISKIYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ayu Riskiyanti, 2025. “Perilaku Agresif Verbal Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Bau Ratu Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi perilaku agresif verbal di Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Palu Timur, faktor penyebab terjadinya perilaku tersebut serta bagaimana tindakan guru dalam menangani masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitaif, melibatkan 316 siswa kelas 4 dan 5 dari 23 Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berperilaku agresif verbal sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan perilaku umpatan tergolong rendah, dengan 43% siswa berada pada kategori rendah. Perilaku agresif verbal pada perilaku ejekan yaitu 60% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Untuk perilaku fitnahan, 43% siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan pada perilaku celaan dan makian, 52% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Terakhir, pada perilaku ancaman melalui kata-kata, 70% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi. Faktor penyebab agresif verbal antara lain pengaruh lingkungan keluarga, konflik keluarga, serta interaksi sosial yang kurang positif dengan teman sebaya. Tindakan yang dilakukan oleh guru untuk menangani perilaku agresif verbal mencakup teguran langsung, pembuatan kesepakatan kelas, dan pemanggilan orang tua siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk layanan pencegahan dan penanganan perilaku agresif verbal di masa mendatang. Kata Kunci: Bimbingan dan konseling, Faktor penyebab, Perilaku agresif verbal, Sekolah Dasar, Tindakan guru. |