JudulIDENTIFIKASI PROBLEMATIKA BULLYING DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TATANGA |
Nama: RAHMANIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Rahmania, 2025. “Identifikasi Problematika Bullying Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tatanga”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Bau Ratu. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan bullying di sekolah dasar se-Kecamatan Tatanga, dengan fokus pada bullying fisik, verbal, dan mental, serta faktor-faktor yang memengaruhi munculnya masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan 200 siswa kelas 5 dan 6 dari 9 sekolah dasar. Hasil survei menunjukkan bahwa 75,5% responden (151 siswa) berada pada kategori sangat rendah dalam bullying fisik, seperti memukul, merusak barang, dan meminta paksa barang milik orang lain. Bullying verbal, 66,5% responden (133 siswa) tergolong rendah, dengan perilaku seperti memberikan julukan, menghina, dan mengancam. 58% responden (116 siswa) menunjukkan kategori rendah dalam bullying mental, seperti meneror, mendiamkan, dan mengucilkan teman. Tingkat bullying cenderung rendah, potensi bullying yang ada tetap memerlukan perhatian, khususnya dalam upaya pencegahan melalui Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam merumuskan strategi pencegahan dan penanganan bullying yang lebih efektif di masa mendatang. Kata kunci: Identifikasi, Bullying, Siswa, Bimbingan Dan Konseling, FaktorFaktor Pengaruh, Sekolah Dasar. |