Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Pemberian Reinforcement Setelah Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 4 Palu
Nama: NURAFNI A.H DAUDO
Tahun: 2022
Abstrak
Nurafni A.H Daudo, 2021. Efektivitas Pemberian Reinforcement Setelah Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing Muh. Mansyur Thalib. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring sebelum dan sesudah diberikan reinforcement, serta apakah motivasi belajar siswa sesudah diberikan reinforcement lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan reinforcement. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan reinforcement. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan reinforcement yaitu 53,8% atau 7 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan 46,2% atau 6 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan reinforcement maka terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 53,8% atau 7 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 46,2% atau 6 siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa motivasi belajar sesudah diberikan reinforcement lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan reinforcement. Kata Kunci : Reinforcement, Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up