JudulHUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA |
Nama: SULISTIANI SUDARMIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah masalah tingkat resiliensi rendah dengan indikator permasalahan kesulitan untuk memahami mata pelajaran sehingga membuat nilainya rendah dan masalah tingkat motivasi belajar rendah dengan indikator permasalahan tidak mengerjakan tugas tepat waktu, kurang perhatian terhadap pelajaran, mencontek pada saat ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiliensi dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penenelitian ini adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Palu dengan jumlah 286 siswa (Laki-laki berjumlah 125 orang, perempuan 161 orang). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Analisis Inferensial dan Analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat resiliensi siswa dengan kategori sedang dengan rata-rata skor 77,43, tingkat motivasi belajar dalam katori sedang dengan rata-rata skor 38,61 dan terdapat hubungan antara resiliensi dan motivasi belajar dengan hasil signifikansi sebesar (p = 0.002), serta untuk nilai N = 286 dengan taraf kepercayaan 95% ? = 0,05, dengan nilai r tabel sebesar 0,138, dan diperoleh nilai korelasi atau r hitung sebesar r = 0,186. Besaran nilai r hitung ? r tabel atau 0,186 ? 0,138, Dapat di artikan bahwa (H0) ditolak, dan (Ha) diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa ada hubungan signifikansi antara resiliensi dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Resiliensi, Motivasi Belajar, Siswa SMP. |