Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Nama: MUNIVA
Tahun: 2023
Abstrak
Muniva, 2022. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr.Durrotunnisa, M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaaan diri siswa SMP Negeri 4 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 4 Palu melalui bimbingan kelompok teknik role playing. Siswa dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepercayaan diri siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing dari 25 siswa yang diteliti, peneliti mengambil 10 siswa yang memiliki klasifikasi rendah. Sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan yaitu 7 siswa yang memiliki kepercayaan diri sangat tinggi, 1 siswa memiliki kepercayaan diri tinggi dan 2 siswa memiliki kepercayaan diri sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Kata kunci : Role Playing, Kepercayaan Diri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up