Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PALU
Nama: CRISTIN SANTINOVITA
Tahun: 2023
Abstrak
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar siswa yaitu tidak disiplin dalam masuk sekolah, tidak disiplin mengerjakan tugas, tidak disiplin dalam mengikuti pelajaran dan tidak menaati tata tertib disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang yang terbagi menjadi 8 orang pada kelompok eksperimen dan 8 orang pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin belajar siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis statistik menggunakan rumus Mann Whitney pada taraf signifikan (0.05). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan konseling kelompok teknik reinforcement positif antara lain 4 siswa memiliki tingkat disiplin belajar sedang dan 4 siswa memiliki tingkat disiplin belajar rendah. Tingkat disiplin belajar siswa sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik reinforcement positif lebih meningkat dibandingkan sebelum mengikuti kegiatan layanan konseling teknik reinforcement positif. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling kelompok teknik reinforcement positif efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Konseling Kelompok, Reinforcement Positif..

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up