JudulHUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MTsN 3 KOTA PALU |
Nama: DINA NURFADILLAH HASANAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa dihadapkan dengan berbagai jenis tugas sekolah dalam waktu bersamaan, yang menjadikan mereka sering menunda penyelesaian, bahkan tidak mau mengerjakan tugas sekolah sama sekali. Ditambah lagi, siswa mengalami kesulitan mengontrol perilaku, respond dan tidak mampu mengambil keputusan secara tepat, sehingga menyebabkannya abai dalam penyelesaian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kontrol diri, prokrastinasi, dan hubungan negatif antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 183 siswa di MTsN 3 Kota Palu. Teknik pengambilan data menggunakan angket kontrol diri dan prokrastinasi akademik, masing-masing memiliki 20 item pertanyaan. Data secara deskriptif dan inferensial dengan rumus korelasi product moment menggunakan taraf signifikansi 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 19,1% siswa memiliki kontrol diri sangat tinggi, 28,4% siswa memiliki kontrol diri tinggi, 51,9% siswa memiliki kontrol diri rendah dan 0,5% siswa memiliki kontrol diri sangat rendah serta 14,8% siswa dengan prokrastinasi akademik sangat tinggi, 47% siswa dengan prokrastinasi akademik tinggi, 29% siswa dengan prokrastinasi akademik rendah dan 9,3% siswa dengan prokrastinasi akademik sangat rendah. Hasil uji inferensial juga menunjukkan nilai koefisien sebesar – 0,709. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik, dimana semakin rendah tingkat kontrol diri maka semakin tinggi tingkat prokrastinasinya begitu pula sebaliknya. Siswa dengan kontrol diri rendah kesulitan untuk mengatur dan mengarahkan perilakunya sehingga kesulitan untuk mengontrol keinginan untuk melakukan prokrastinasi akademik. Kata Kunci: Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik, Analisis Deskriptif |