Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENANGANI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 PALU
Nama: GLORI ESTEVAN KORAI
Tahun: 2023
Abstrak
Glori Estevan Korai, 2023 Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Instruction Untuk Menangani Kejenuhan Belajar pada Siswa Di SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tingginya kejenuhan belajar pada siswa yang diindikasikan dengan tugas menumpuk yang tidak dikerjakan sesuai alokasi waktu, dan siswa tidak fokus dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas teknik Self- Instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 2 Palu. Sampel penelitian ini berjumlah 6 orang pada kelas eksperimen dan 6 orang pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket kejenuhan belajar siswa. data dioleh dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Mann Whitney pada taraf signifikan (0.05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik self instruction, antara lain: 3 siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar yang tinggi dan 3 siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar yang sedang. Tingkat kejenuhan belajar sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik self instruction menurun dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik self intstruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self instruction efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Konseling Kelompok, Self Instruction.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up