Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENURUNKAN CYBERBULLYING SISWA
Nama: LIDYA NATALIA RANGO'O
Tahun: 2022
Abstrak
Lidya Natalia Rango’o, 2022. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Bibliokonseling untuk Menurunkan Cyberbullying Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukan perilaku-perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh 6 siswa berdasarkan hasil wawancara dan obsevasi terhadap salah satu guru Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh konseling kelompok dengan teknik bibliokonseling dalam menurunkan perilaku cyberbullying siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok teknik bibliokonseling terdapat 6 siswa yaitu AR 68%, AN 66%, EC 61%, AH 60%, FR 60?n DF 71% siswa yang memiliki perilaku cyberbullying yang tinggi.Sesudah diberikan konseling kelompok teknik bibliokonseling terjadi pengurangan perilaku cyberbullying antara lain: terdapat 6 siswa AR 56%, AN 50%, EC 46%, AH 48%, FR 48?n DF 40%siswa yang memiliki perilaku cyberbullying yang rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa perilaku cyberbullying siswa SMP Negeri 3 Palu sesudah diberikan konseling kelompok teknik bibliokonseling cyberbullying lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh konseling kelompok teknik bibliokonseling dalam menurunkan perilaku cyberbullying siswa di SMP Negeri 3 Palu dengan demikian maka pernyataan diterima. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Bibliokonseling, Perilaku Cyberbullying.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up