JudulBIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA |
Nama: NI PUTU LIANASARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ni Putu Lianasari, 2022. Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr.Durrotunnisa, M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik home room untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 3 Palu melalui bimbingan kelompok teknik home room. Siswa dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepercayaan diri siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik home room dari 6 siswa yang diteliti, terdapat 5 siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dan 1 siswa yang memiliki kepercayaan diri yang sedang. Sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik home room mengalami peningkatan yaitu 5 siswa yang memiliki kepercayaan diri sedang dan 1 siswa memiliki kepercayaan diri tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room. Kata kunci : Home Room, Kepercayaan Diri |