JudulHUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGANMINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGHADAPIPEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 |
Nama: GADIS HARUM SARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Gadis Harum Sari, 2022. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Minat Belajar Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hj. Durrotunnisa, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikansi 95% (?= 0,05%). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 310 orang, yang diambil secara Proportionate Stratified Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat penyesuaian diri siswa sebesar 10,97% siswa memiliki penyesuaian diri yang sangat tinggi, 80% siswa memiliki penyesuaian diri yang tinggi, 9,03% siswa memiliki penyesuaian diri yang rendah dan rata-rata penyesuaian diri siswa diperoleh 69,73% selanjutnya tingkat minat belajar siswa sebesar 28,70% siswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 61,61% siswa memiliki minat belajar tinggi, 9,35% siswa memiliki minat belajar rendah, dan 0,32% siswa memiliki minat belajar sangat rendah serta rata-rata minat belajar siswa diperoleh 73,61%. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan minat belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMAN 2 Palu. Kata Kunci : Penyesuaian diri, Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19 |