Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi
Nama: OLGA MARIA MAGDALENA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Olga Maria Magdalena, 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Skripsi, Program Studi Bimbigan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, (1) Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan utama dalam penilitian ini adalah rendahnya resiliensi akademik siswa yang ditandai dengan adanya kesulitan dan dalam penyesuaian diri Ketika belajar selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa melalui layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan empat kali pertemuan dengan jumlah subjek penelitian 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan skala resiliensi akademik kepada siswanya secara langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan setelah pemberian treatment konseling kelompok, yaitu dari analisis data perhitungan tabel uji Wilcoxon, jumlah jenjang yang terkecil atau T hitung nilainya adalah -36. Sedangkan Ttabel untuk n=8 dengan taraf kesalahan 5?alah 6. Maka dapat diketahui bahwa nilai (T hitung < Ttabel atau -36 < 6), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi akademik siswa. KATA KUNCI : Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Resiliensi Akademik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up