JudulIDENTIFIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI MODULU-DULU MASYARAKAT TAMPO BADA KECAMATAN LORE SELATAN |
Nama: MARGARET DUMA'ARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Margaret Duma’ari 2022. Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Modulu-Dulu Masyarakat Tampo Bada Kecamatan Lore Selatan. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ibu Munifah Kearifan lokal jika dikaji lebih dalam, tentu saja terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat membantu dalam pengembangan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Tradisi Modulu-dulu merupakan acara makan sehidangan didaun dilakukan dalam acara suka maupun duka yang terdapat nilai-nilai pendidikan karekter didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Modulu-dulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah tokoh hadat, tokoh pemerintah dan tokoh agama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membuat transkip wawancara, kategorisasi data, mendeskripsikan kategori, pembahasan hasil penelitian (interpretasi data). Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam tradisi Modulu-dulu adalah nilai religius, nilai nasionalis dan nilai gotong royong. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan layanan informasi untuk pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter. Berbasis kearifan lokal. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Tradisi Modulu-dulu |