JudulPengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Secara Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu |
Nama: CYNTIA AINUN DWI WAHYUNINGTIAS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh layanan bimbingan kelompok online terhadap motivasi belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan angket motivasi belajar. Data diolah dan dianalisis statistic menggunakan rumus Wilxocon sign rank test pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05). Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok online, terdapat 1 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar tinggi, 4 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar rendah dan 3 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar sangat rendah. Motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok online, terdapat 2 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar sangat tinggi, 4 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar tinggi dan 2 siswa dengan klasifikasi motivasi belajar rendah Berdasarkan pemaparan menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok yang diberikan secara online bahwa ada pengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok secara online. Layanan bimbingan kelompok secara online dapat memberikan pengaruh untuk motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh siswa SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Secara Online, Pembelajaran Jarak Jauh |