JudulEfektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu |
Nama: WIDYA RISKI AMANAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berfikir kritis SMA Negeri 5 Palu. Tujuan dalam penelitian adalah menjelaskan bahwa layanan informasi menggunakan media film bertema pendidikan berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 5 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah angket kemampuan berfikir kritis. Data yang diperoleh dalam penelitian penelitian ini adalah dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji-t (satu ekor). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan layanan informasi menggunakakan media film bertema pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 5 Palu yaitu 9,52% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi, 76,19% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis rendah, 14,29% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi menggunakan media film bertema pendidikan maka terjadi peningkatan yaitu 38,09% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis sangat tinggi, 52,38% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi, 9,52% siswa memiliki kemampuan berfikir kritis rendah. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi menggunakan media film bertema pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Kata kunci : layanan informasi, film pendidikan, berfikir kritis |