JudulEFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PETASIA TIMUR |
Nama: ANGGI ANGGRAENI LAPANDIO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan keefektifan pelaksanaan teknik reinforcement positive untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Petasia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik Analisis data statistik yang digunakan adalah menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti konseling kelompok reinforcement positive dari 12 siswa yang diteliti memiliki kemandirian belajar yang rendah yaitu 51,49%, Sesudah mengikuti konseling kelompok teknik reinforcement positive mengalami peningkatan presentase kemandirian belajar yaitu 10 siswa memiliki kemandirian belajar tinggi yaitu 64,37%, 2 siswa memiliki kemandirian belajar rendah yaitu 55,62%. Hasil analisis menunjukan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak artinya Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik reinforcement positive efektif untuk meningkatkat kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Petasia Timur. Kata kunci : Teknik Reinforcement Positive, Kemandirian Belajar |