Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Peran Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi SMP Negeri 2 Lage
Nama: SINDI FARADILAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sindi Faradilah, 2021. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi SMP Negeri 2 Lage Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara peran orang tua dengan minat belajar siswa di masa pandemi. Subjek dari penelitian ini berjumlah 80 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket peran orang tua dan angket minat belajar siswa di masa pandemi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh data 53% siswa menunjukkan orang tua berperan sangat baik, 15% siswa menunjukkan orang tua berperan baik, 28,75% siswa menunjukkan orang tua kurang berperan, 2,5% siswa menunjukkan orang tua sangat kurang berperan. 47,5% siswa menunjukkan minat belajar yang sangat tinggi, 22,5% siswa menunjukkan minat belajar yang tinggi, 26,25% siswa menunjukkan minat belajar yang rendah, dan 3,75% siswa menunjukkan minat belajar yang sangat tinggi. Berdasarkan keadaan rtabel product moment dengan N = 80, pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05%). Pada rtabel diperoleh 0,220. rhitung>rtabel atau 0,687>0,220. Hal ini berarti hipotesis nol (H?) menyatakan tidak ada hubungan antara peran orang tua dengan minat belajar di masa pandemi ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran orang tua dengan minat belajar siswa di masa pandemi. Kata Kunci: minat belajar, pandemi Covid- 19, peran orang tua

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up