JudulHUBUNGAN ANTARA KEPUASAN BELAJAR HYBRID LEARNING DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: MEI ANARISTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kepuasan terhadap belajar hybrid learning dengan kualitas pembelajaran siswa. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa SMP Negeri 2 Palu berjumlah 90 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket belajar hybrid learning dan angket kualitas pembelajaran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, sedangakan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kepuasan belajar hybrid learning diperoleh bahwa terdapat 34 siswa yang memiliki kepuasan belajar hybrid learning sangat baik dengan persentase 38%, 55 siswa yang memiliki kepuasan belajar hybrid learning baik dengan persentase 61%, 1 siswa yang memiliki kepuasan belajar hybrid learning kurang dengan persentase 1%. Deskriptif kualitas pembelajaran terdapat 36 siswa yang memiliki kualitas pembelajaran sangat tinggi dengan persentase 40%, 54 siswa yang memiliki kualitas pembelajaran tinggi dengan persentase 60%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi diperoleh r hitung sebesar 0,239. Hasil analisis rtabel product moment N=90 pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05%). Pada rtabel diperoleh 0,207 dengan demikian rhitung ? rtabel atau 0,239 ? 0,207. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kepuasan belajar hybrid learning dengan kualitas pembelajaran ternyata ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepuasan belajar hybrid learning dengan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Kepuasan Belajar Hybrid Learning, Kualitas Pembelajaran |