JudulEFEKTIVITAS TEKNIK SHAPING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK |
Nama: SUHAELA |
Tahun: 2022 |
Abstrak SUHAELA, 2021. Efektivitas Tehnik Shaping Untuk Mengurangi perilaku Menyontek. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keefektivan pelaksanaan teknik shaping untuk mengurangi perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket perilaku menyontek. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik Analisis data statistik yang digunakan adalah Uji- T menggunakan SPSS 24 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Perilaku menyontek sebelum diberikan treatment teknik shaping terdapat 3 siswa yaitu: MN, CP dan NE yang memiliki perilaku menyontek tinggi, 4 siswa yaitu MA, RA, GM, MR, dan ND yang memiliki perilaku menyontek sedang. Setelah diberikan treatment teknik shaping terdapat 2 siswa yaitu: MN, dan MR yang memiliki perilaku menyontek sangat rendah, 6 siswa yaitu: RA, MA, CP, GM, NE, dan ND yang memiliki perilaku menyontek rendah. Perilaku menyontek sesudah diberikan treatment teknik shaping menurun dibandingkan sebelum diberikan treatment teknik shaping. Hasil penelitian ini terdapat penurunan perilaku menyontek siswa setelah diberikan treatment teknik shaping dengan diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,012 dan nilai tersebut < 0,05 yang artinya Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa treatment teknik shaping efektif untuk mengurangi perilaku menyontek siswa SMK Negeri 1 Tolitoli. Kata kunci : Teknik Shaping, Perilaku Menyontek |