JudulPERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 14 PALU |
Nama: RAHMAYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rahmayana, 2021. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Mint Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi covid-19 di SMP Negeri 14 Palu. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari dua guru Bimbingan dan Konseling dan tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling di masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 14 Palu sudah sangat baik. Melalui layanan informasi yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling menggunakan Google meet, siswa semakin antusias karena guru Bimbingan dan Konseling menampilkan video edukasi dan gambar yang menarik perhatian siswa sesuai materi yang diberikan, sehingga membuat daya tarik siswa agar lebih fokus mendengarkan penjelasan materi layanan informasi pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Minat Siswa, Layanan Bimbingan dan Konseling, Pandemi Covid-19 |