JudulEfektivitas Layanan Informasi Etika Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Kesantunan Berbahasa Siswa Kepada Guru Di SMP Negeri 7 Palu |
Nama: DEVI VEBRIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Devi Vebrianti, 2021. Efektivitas Layanan Informasi Etika Berkomunikasi untuk Meningkatkan Kesantunan Berbahasa Siswa kepada Guru di SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Durrotunnisa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa kepada guru di SMP Negeri 7 Palu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi etika berkomunikasi, subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesantunan berbahasa siswa kepada guru. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji-t pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan sebelum dilakukan layanan informasi etika berkomunikasi ada 3,22% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang sangat baik, 38,70% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang baik, 58,05% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang cukup baik dan kesantunan berbahasa kepada guru yang tidak baik. Sesudah mengikuti layanan informasi etika berkomunikasi ada 12,90% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang sangat baik, 45,16% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang baik, 41,93% siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang cukup baik, dan tidak ada siswa yang memiliki kesantunan berbahasa kepada guru yang tidak baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa layanan informasi etika berkomunikasi efektif untuk meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kepada guru. Kata Kunci: Etika Berkomunikasi, Kesantunan Berbahasa, Siswa SMP. Devi Vebrianti. 2021. Information Services on Communication Ethics in Improving Students' Courtesy in Communication with Teachers at SMP Negeri 7 Palu. Skripsi. Guidance and Counselling Study Program. Education Science Department. Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University. Under the supervision of Durrotunnisa. The research objective is to describe students' courtesy in communication with teachers at SMP Negeri 7 Palu before and after receiving information services on communication ethics. The research subjects were 31 students, and the main instrument was questionnaires on students' language courtesy to the teacher. The collected data were analyzed by descriptive and inferential analysis. Inferential analysis used statistical techniques, including a t-test at a significant level of 95%. The descriptive study revealed that before information services on communication ethics, students' courtesy in communication with teachers is 3.22% of students are very good, 38.70% of students are good, 58.05% of students are pretty good and less good. Following participation in the information service sessions, students' courtesy in communication with teachers improves to 12.90% of students are very good, 45.16% of students are good, 41.93% of students are pretty good, and there are no students are less good. Based on the inferential analysis results, information services on communication ethics are beneficial in boosting students' courtesy in communication with teachers. Keywords: communication ethics, courtesy in communication, junior high school student’s |