JudulEfektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Shaping Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SM Negeri 1 Tana Lili |
Nama: VELIN VIOLINE |
Tahun: 2021 |
Abstrak VELIN VIOLINE, 2021. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Shaping untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri 1 Tana Lili. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah meninjau perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 1 Tana Lili sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik shaping, dan efektifitas layanan konseling kelompok teknik shaping untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 1 Tana Lili. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik Analisis data statistik yang digunakan adalah Uji- T menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini terdapat penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa setelah dilakukan konseling kelompok teknik shaping dengan diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,024 dan nilai tersebut < 0,05 yang artinya H0 ditolak, ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik shaping efektif mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 1 Tana Lili. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik shaping, antara lain : 2 siswa yaitu : JV dan AN memiliki perilaku prokrastinasi akdemik dengan klasifikasi tinggi, dan 4 siswa yaitu RS, MS, SR, dan ES memiliki perilaku prokrastinasi akademik dengan klasifikasi sedang, setelah mengikuti layanan konseling kelompok teknik shaping, didapatkan bahwa tidak ada siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik dengan klasifikasi tinggi maupun sedang. 3 siswa yaitu JV, AN, dan ES memiliki perilaku prokrastinasi akademik dengan klasifikasi rendah, dan 3 siswa yaitu RS, MS, dan SR memiliki perilaku prokrastinasi dengan klasifikasi sangat rendah. Perilaku prokrastinasi akademik sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik shaping lebih menurun dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik shaping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik shaping efektif dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 1 Tana Lili. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Teknik Shaping |