Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Minat Dalam Pemilihan Karir Siswa Kelas XI SMAN 8 Palu.
Nama: SISKAWATI A.
Tahun: 2022
Abstrak
Siskawati A, 2021. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home room Untuk Meningkatkan Minat dalam Pemilihan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan minat dalam pemilihan karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design dan rancangan dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design pada siswa kelas XI SMAN 8 Palu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat dalam pemilihan karir siswa lebih tinggi setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Hal ini dibuktikan dari hipotesis yang menggunakan perhitungan independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes akhir minat dalam pemilihan karir siswa yang diberikan bimbingan kelompok teknik homeroom dengan siswa yang diberikan layanan umum bimbingan kelompok. Rata-rata skor hasil pretest minat dalam pemilihan karir siswa kelompok eksperimen 23,75 dan kelompok kontrol 24,75. Setelah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, skor rata-rata posttest minat dalam pemilihan karir yang diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom lebih tinggi dari rata-rata hasil posttest siswa yang diberikan layanan umum bimbingan kelompok, rata-rata posttest kelompok eksperimen 36,75 dan kelompok kontrol 28,25. Perbedaan rata-rata skor posttest inilah yang menunjukan bahwa minat dalam pemilihan karir siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Hal ini menunjukkan bahwa teknik homeroom efektif untuk meningkatkan minat dalam pemilihan karir siswa SMAN 8 Palu. Kata Kunci: Minat dalam pemilihan karir, Layanan bimbingan kelompok, Teknik Homeroom

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up