JudulTeknik Modeling Simbolik Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di MAN 1 Kota Palu |
Nama: ADIAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuktikan peningkatan komunikasi interpersonal siswa MAN 1 Kota Palu sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala komunikasi interpersonal siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis, antara lain: terdapat 3 siswa yaitu (AJ, MU dan EZ) yang memiliki komunikasi interpersonal sangat rendah, 6 siswa yaitu (MF, AN, MZ, MU, AS dan MH) memiliki komunikasi interpersonal rendah dan 2 siswa yaitu (PF dan KT) memiliki komunikasi interpersonal sedang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis mengalami peningkatan menjadi 6 siswa yaitu AN, MZ, PF, KT, AS dan MH memiliki komunikasi interpersonal dengan kategori tetap dan 5 siswa yakni MF, AJ, NU, MU dan EZ memiliki komunikasi interpersonal dengan kategori meningkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X IPS 1 MAN 1 Kota Palu. KataKunci: Teknik Modeling Simbolis, Layanan Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal. |