JudulEFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA NEGERI 4 SIGI |
Nama: MUHAMMAD YUSRIL |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan efektifitas layanan informasi menggunakan metode Ceramah dan Tanya jawab terhadap peningkatan minat siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal di SMA Negeri 4 Sigi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan informasi menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab 0% siswa yang memiliki minat sangat tinggi untuk mengikuti layanan bimbingan kasikal, 11% siswa memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal, 46% siswa memiliki minat yang rendah untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal, 43% siswa memiliki minat yang sangat rendah untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal. sedangkan setelah diberikan layanan informasi menggunakan metode Ceramah dan Tanya Jawab, 29% siswa memiliki minat yang sangat tinggi untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal, 60% siswa memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal, 11% siswa memiliki minat yang rendah untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal dan tidak ada atau 0% siswa memiliki minat yang sangat rendah untuk mengikuti layanan bimbingan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat mengikuti layanan bimbingan klasikal sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi menggunakan metode ceramah dan tanya jawab lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti layanan bimbingan klasikal di SMA Negeri 4 Sigi. Kata kunci : Minat, Bimbingan Klasikal, Ceramah Dan Tanya Jawab. |