JudulEfektivitas Role Playing Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa MAN 1 PALU |
Nama: MUHAMMAD FARIED.H |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Faried.H, 2024, Efektivitas Role Playing Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling.Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Bau Ratu,. S.Pd., M.Pd Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa MAN 1 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MAN 1 Palu melalui bimbingan kelompok teknik role playing. Siswa dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepercayaan diri siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing dsri 15 siswa yang di teliti, peneliti mengambil 2 siswa yang memiliki klasifikasi rendah. Sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan yaitu 4 siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi, dan 2 siswa memiliki kepercayaan diri sedang. Hasil Analisis inferensial menujukan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Kata Kunci : Role Playing, Kepercayaan Diri |